Satuan Volume
Satuan Volume

Mengenal Perhitungan Satuan Volume

Posted on

Mengenal Perhitungan Satuan VolumeHai sahabat pintardesain.com, kali ini kita akan membahas tentang Satuan Volume. Berapa jumlah air yang muat dalam 1 tong? Berapa jumlah minyak goreng yang muat dalam 1 botol plastik? Ukuran kapasitas benda-benda tersebut dalam sebuah wadahnya biasa dikenal dengan sebutan volume. Untuk memudahkan mengukur kapasitas sebuah wadah, maka dibuatlah satuan volume. Bagaimana konsep volume dan apa saja satuannya?

Pengertian Volume

Volume biasa diartikan juga sebagai kapasitas. Bahasa mudahnya, berapa jumlah benda yang bisa dimasukkan dalam sebuah objek tertentu. Misalnya saja, berapa banyak pasir yang muat dalam 1 bak truk dan lain sebagainya. Kapasitas bak truk untuk menyimpan pasir disebut dengan volumenya.

Secara matematis, volume merupakan ukuran ruang. Pengukuran volume dilakukan dengan mengalikan panjang, lebar, dan tinggi suatu benda. Sahabat bisa mengukur volume bangun ruang dengan rumus tersebut. Secara umum, volume suatu benda bisa diukur dengan 2 cara yaitu:

Pengukuran Langsung

Sahabat bisa melakukan pengukuran langsung volume sebuah benda dengan bantuan alat sederhana. Misalnya dengan menggunakan gelas ukur ataupun gelas pancuran. Contohnya jika Sahabat ingin mengukur volume kaleng kosong yang ada di rumah. Sahabat bisa mengisi kaleng itu dengan air sampai penuh.

Kemudian tuangkan air tersebut pada gelas ukur. Sahabat bisa tahu berapa liter air yang muat dalam kaleng tersebut. Lalu bagaimana jika ingin mengukur suatu benda yang rigit/kompak misalnya saja kayu atau batu? Sahabat bisa menggunakan gelas pancuran.

Caranya isi gelas pancuran dengan air sampai batas tertentu. Catat volume awal air tersebut. Kemudian masukkan bongkahan batu yang ingin diukur volumenya. Banyaknya air yang meluap dan mengalir keluar melewati gelas pancuran adalah volume batu tersebut. Mudah bukan?

Perhitungan Matematis

Sahabat ingin mengukur volume bangun ruang tanpa perlu repot-repot menuangkan air? Tenang saja, volume bangun ruang tersebut bisa dihitung dengan rumus:

P x l x t atau Luas alas x t

Keterangan: p = panjang

l = lebar

t = tinggi

Satuan Volume (SI)

Untuk menyebutkan berapa volume suatu benda, maka dibentuklah satuan volume. Agar perhitungan volume di dunia seragam, maka para ilmuwan menciptakan standar internasional (SI) satuan untuk volume. Ukuran SI ini seragam di seluruh belahan dunia manapun sesuai dengan konvensi internasional.

Ukuran untuk menyatakan volume adalah “kubik”. Satuan ini digunakan untuk menyatakan berapa kapasitas total suatu objek, baik bangun ruang, benda cair, padat, dan sebagainya. Satuan SI untuk mengukur volume adalah:

km(kilometer kubik) > hm3(heksameter kubik)  > dam3 (deksameter kubik) > m3 (meter kubik) > dm3 (desimeter kubik) > cm3 (centimeter kubik) > mm3 (milimeter kubik).

Satuan volume tersebut memiliki kelipatan 1000 (hasil perkalian 3 dimensi panjang, lebar, dan tinggi). Jika satuan bergerak ke kanan, maka harus dikalikan dengan 1000. Jika satuan bergerak ke kiri, maka harus dibagi dengan 1000. Contoh simpelnya seperti ini Sahabat:

20 km3 = 20 x 1.000.000.000 m3 (ke kanan 3 langkah).

= 20.000.000.000 m3 atau 20 x 109 m3

15 m3 = 15 : 1.000 dam3 (ke kiri 1 langkah)

= 0,015 dam3

Satuan Lainnya (Tidak Baku)

Selain satuan baku yang sudah diakui dalam konvensi internasional, ada juga satuan volume lain yang jauh digunakan sebelumnya. Satuan ini digunakan turun temurun oleh umat manusia. uniknya satuan tidak baku ini berbeda di berbagai negara. Tergantung kebudayaan dalam negara tersebut. Ada beberapa satuan tidak baku volume yang mungkin pernah Sahabat gunakan seperti:

Liter

Satuan tidak baku ini paling banyak digunakan untuk mengukur volume. Bahkan satuan liter lebih populer digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama untuk mengukur volume benda cair atau daya tampung sebuah tempat. Misalnya air, minyak goreng, bahan bakar, minuman, beras, dan lain sebagainya.

Barel

Barel adalah satuan tidak baku volume yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Barel awalnya muncul di Kerajaan Imperial Inggris untuk mengukur bahan-bahan kering dan cair. Saat ini satuan barel digunakan dalam perdagangan internasional minyak bumi. 1 barel (bbI) UK sama dengan 163,66 L.

Galon

Galon adalah satuan tidak baku volume yang awalnya berasal dari wilayah Eropa Barat. Satuan ini kemudian menyebar hingga ke Amerika Serikat. Kadang kala, satuan galon (gal) juga ditemukan pada daerah bekas koloni Inggris ataupun negara yang menggunakan bahasa Inggris.

Awalnya satuan galon digunakan di Inggris untuk menakar banyaknya bir dan anggur. Lama-lama satuan ini digunakan untuk menakar berbagai macam benda, terutama benda cair. Satuan galon yang masih digunakan sampai saat ini ada 3 jenis yaitu:

  • Galon (satuan Imperial ) = 4,546 L yang digunakan di wilayah Britania dan Kanada.
  • Galon AS = 3,79 L.
  • Galon kering AS = 4,40 L yang sudah jarang digunakan.

Volume banyak sekali digunakan dalam kehidupan manusia. Hampir setiap hari Sahabat menggunakan satuan volume untuk mengukur kapasitas benda. Sahabat juga sering menggunakan satuan ini untuk berbelanja, bekerja, bahkan memasak.

Baca Juga :

Demikianlah artikel mengenai Mengenal Perhitungan Satuan Volume – Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca pintardesain.com untuk terus belajar dan menambah ilmu pengetahuan. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya dan terima kasih atas kunjungannya.

5/5 - (8 votes)