1 Liter Berapa M3
1 Liter Berapa M3

Cara Mudah Konversi 1 Liter Berapa M3

Posted on

Cara Mudah Konversi 1 Liter Berapa M3Hai sahabat pintardesain.com, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana mengkonversi 1 liter ke m3 dengan mudah. Ukuran 1 liter memang lebih banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sahabat pasti sering sekali menggunakan ukuran volume ini. Misalnya saat mengisi air galon, membeli minyak goreng, beras, dan lain sebagainya. Tapi apakah Sahabat tahu 1 liter berapa m3? Ukuran meter kubik (m3) memang tak begitu sering digunakan, tapi Sahabat harus paham cara mengkonversinya.

Mengenal Konsep Volume dan Rumusnya

Apakah Sahabat sudah paham dengan istilah volume dalam kehidupan sehari-hari? Volume adalah kapasitas suatu benda yang ditempatkan dalam 1 objek. Benda yang dimasukkan dalam objek tersebut bisa saja berupa zat padat, cair, atau gas. Seberapa banyak zat tersebut bisa muat dalam 1 objek disebut dengan volume.

Misalnya berapa banyak air yang bisa ditampung dalam bak mandi rumah Sahabat? Jika Sahabat ingin mengetahuinya, maka Sahabat harus menghitung volume air tersebut. Bagaimana rumusnya? Pada dasarnya volume suatu benda bisa dihitung dengan rumus:

Panjang x lebar x tinggi

Untuk bangun ruang yang berbeda bentuknya, digunakan pula rumus turunan yang berbeda. Tapi pada intinya, rumus dasar mencari volume sebuah benda adalah:

Luas alas x tinggi

Nah, jadi Sahabat sudah punya gambaran kan tentang apa itu volume? Satuan volume ini akan Sahabat gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan penting sekali. Misalnya berapa ukuran dimensi dari tandon air yang harus Sahabat bangun jika ingin menampung air sebanyak 100 meter kubik. Bahkan satuan ini juga sering sekali Sahabat gunakan saat berbelanja kebutuhan pokok.

Cara Mencari 1 Liter Berapa M3?

Sahabat pasti selalu menakar volume suatu benda dengan liter bukan? Padahal satuan volume itu ada beragam. Tapi di Indonesia, satuan yang paling populer adalah liter. Sedangkan satuan yang lebih besar dan lebih kecil dari liter digunakan untuk kepentingan tertentu.

Karena volume adalah satuan 3 dimensi, maka Satuan Internasional (SI) untuk ukuran ini adalah kubik. Sahabat bisa memahami urutan satuan SI untuk volume berikut ini mulai dari yang terendah sampai tertinggi yaitu:

mm3 – cm3 – dm3 – m3 – dam3 – hm3 – km3

Lalu, bagaimana cara mencari 1 liter berapa m3? Dimana posisi liter dalam satuan volume tersebut? Sebutan liter sebenarnya sama dengan decimeter kubik (dm3). Jadi Sahabat bisa konversi dengan ketentuan:

  • Setiap satuan mengarah ke kanan dibagi 1000.
  • Setiap satuan mengarah ke kiri dikalikan 1000.

Dengan ketentuan tersebut, Sahabat bisa membuat perhitungan sederhana begini:

1 liter = 1 dm3

=  1 : 1000 (ke kanan 1 langkah)

= 0,001 m3.

Jadi misalnya Sahabat menemukan soal-soal ujian ataupun dalam kehidupan sehari-hari, Sahabat bisa menggunakan cara di atas. Contohnya:

  • 100 L = 100 : 1000 (bergerak ke kanan 1 langkah)

= 0,1 m3.

  • 1 L = …. mm3

= 1 x 1.000.000 (bergerak ke kiri 2 langkah)

= 1.000.000 mm3

  • 1000 L = …. km3

= 1000 : 1.000.000.000 (bergerak ke kanan 3 langkah)

= 0,000001 km3

Untuk bilangan dengan nol banyak atau di belakang koma terlalu banyak seperti contoh terakhir, pastilah lebih sulit untuk diucapkan atau dituliskan. Nah, Sahabat bisa menggunakan cara lain untuk menuliskan angka dengan format 0 yang banyak yaitu dengan menggunakan pangkat 10. Contohnya adalah 0,0001 = 1×10-4. Contoh lainnya adalah 10.000.000 = 1×107.

Mengapa Satuan Liter Populer Digunakan?

Setelah Sahabat mengenal satuan baku untuk mengukur volume, pasti muncul pertanyaan mendasar. Mengapa liter banyak sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari? Padahal liter bukanlah satuan baku untuk volume. Satuan bakunya justru adalah meter kubik.

Liter (L/l) adalah unit luar SI yang penggunaannya masih diperbolehkan dan disejajarkan dengan SI. Ternyata satuan liter juga punya tangga sendiri sama seperti m3. Urutan tangga satuan untuk liter adalah:

Mililiter – centiliter – deciliter – liter – dekaliter – hektoliter – kiloliter

Bagaimana sahabat bisa mengkonversi ukuran-ukuran tersebut? Aturannya jika bergeser ke kanan maka angka harus dibagi 10. Sedangkan jika satuan bergeser ke kiri, maka harus dikalikan dengan 10. Jadi misalnya 1 kiloliter (kL) sama dengan 1x10x10x10 = 1000 liter.

Kapan Penggunaan Liter dan M3?

Jika kedua satuan tersebut sama-sama digunakan untuk mengukur volume, mengapa kita kadang menjumpai salah satu satuan saja yang digunakan? Ternyata penggunaan liter dan meter kubik tergantung dengan benda apa yang akan diukur kapasitasnya. Misalnya benda cair dan padat biasanya menggunakan satuan ukuran yang berbeda.

Sahabat ingin mengukur volume minyak? Biasanya Sahabat akan menjumpai minyak yang dijual dalam kemasan literan. Berbagai barang yang diukur kapasitas atau ukuran wadahnya sering menggunakan liter. Contohnya adalah 1 liter air, 10 ml parfum, 100 ml detergent cair, dan lain sebagainya.

Sedangkan barang-barang yang diukur dimensinya biasa menggunakan meter kubik. Misalnya saja 1 meter kubik kayu bakar, pasir, batako, batu, dan lain-lain. Nah, Sahabat sudah tidak bingung lagi kan kapan harus menggunakan liter atau meter kubik? Sahabat juga sudah tidak bingung lagi kan bagaimana harus mengubah liter jadi meter kubik?

Baca Juga :

Demikianlah artikel mengenai Cara Mudah Konversi 1 Liter Berapa M3 – Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca pintardesain.com untuk terus belajar dan menambah ilmu pengetahuan. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya dan terima kasih atas kunjungannya.

5/5 - (3 votes)