1-Sendok-Makan-Berapa-Gram
1-Sendok-Makan-Berapa-Gram

Cara Konversi 1 Sendok Makan Berapa Gram dengan Mudah

Posted on

Cara Konversi 1 Sendok Makan Berapa Gram dengan MudahHai sahabat pintardesain.com, kali ini kita akan membahas tentang cara konversi 1 sendok makan berapa gram, Bagi ibu-ibu yang sedang memasak atau membuat kue, takaran yang pas adalah kunci kesuksesan hidangannya. Tapi kadang Sahabat akan menjumpai resep kue yang takarannya kurang jelas. Misalnya saja 1 sendok makan atau 1 sendok teh. Sahabat pasti bertanya-tanya, ukuran 1 sendok makan berapa gram tepatnya? Bagaimana cara menghitungnya?

Mengetahui Ukuran Volume

Volume adalah satuan dimensi yang melibatkan panjang, lebar, dan juga tinggi. Ukuran volume atau kapasitas merupakan istilah yang digunakan untuk menghitung seberapa banyak suatu benda bisa ditempatkan pada suatu objek. Misalnya air dalam bak mandi, gula dalam toples, udara dalam balon, dan lain sebagainya.

Jadi ukuran volume adalah ukuran kapasitas, bukan berat. Rumus umum untuk mencari volume adalah p x l x t. Besaran volume dinyatakan dalam satuan kubik. Sahabat pasti sering kan mendengar ukuran 1 meter kubik? Ada juga ukuran yang lebih populer yaitu liter, misalnya 1 liter minyak.

Ukuran 1 sendok makan juga merupakan satuan volume. Hanya saja ukuran ini tidak baku menggunakan standar satuan internasional. Ukuran 1 sendok makan adalah berapa banyak benda yang bisa ditempatkan dalam sendok makan tersebut. Berlainan jenis benda yang ditempatkan, tentu saja beratnya juga akan berbeda.

Mengenal Ukuran 1 Sendok Makan Berapa Gram dalam Resep

Sahabat sudah paham dengan konsep volume kan? Jadi jika dalam resep masakan ada bahan yang harus dimasukkan dalam ukuran 1 sendok makan, Anda pasti sering penasaran berapa sebenarnya berat benda tersebut kan? Apalagi saat membuat kue, kadang ukuran berat suatu bahan akan menentukan rasa dan juga kualitasnya.

Nah Sahabat biar tak penasaran terus, ternyata ada standar baku yang biasa digunakan orang-orang dalam mengukur 1 sendok makan berapa gram. Umumnya 1 sendok makan = 13,75 gram. Tapi ternyata berbeda bahan, beda pula beratnya. Agar lebih mudah, berikut ini ukuran bahan-bahan makanan yang biasa ditakar dalam 1 sendok makan:

  • 1 sendok makan gula putih – 12 gram.
  • 1 sendok makan garam halus – 10 gram.
  • 1 sendok makan tepung terigu – 8 gram.
  • 1 sendok makan tepung maizena – 8 gram.
  • 1 sendok makan margarin atau mentega – 12 gram.
  • 1 sendok makan air – 15 gram.
  • 1 sendok makan bubuk coklat – 7 gram.
  • 1 sendok makan gula halus – 12 gram.
  • 1 sendok makan baking soda – 12 gram.

Mengapa ukuran bahan-bahan dalam 1 sendok makan tersebut berbeda? Mengapa berat bahan-bahan tersebut tidak sama? Sahabat pasti sudah paham dengan konsep massa jenis sebuah benda kan? Berat benda salah satunya dipengaruhi oleh massa jenisnya. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, pasti beratnya juga semakin besar meskipun volumenya sama 1 sendok makan.

Ukuran baku untuk volume 1 sendok makan sendiri adalah 15 ml. Ukuran ini banyak digunakan dalam dunia internasional. Bukan hanya untuk makanan, tapi juga dalam dunia medis dan obat-obatan. Tapi sekali lagi, Sahabat bisa menemukan volume yang berbeda, tergantung bagaimana bentuk dan juga kecekungan sendok makan yang ada di rumah Sahabat.

Takaran 1 Sendok Makan dalam Resep Obat

Selain mengenal konsep 1 sendok makan berapa gram dalam dunia masak-memasak, Sahabat juga harus paham bagaimana resep obat yang biasa diberikan oleh dokter. Biasanya agar lebih mudah dipahami oleh pasien, dokter akan menggunakan resep menggunakan takaran 1 sendok makan. Terutama pada obat-obatan jenis sirup.

Lalu berapa sebenarnya volume sirup yang diminum oleh pasien? Dalam dunia medis, dokter biasanya akan meresepkan obat sirup dalam dosis sendok makan dan sendok teh. Sirup tertentu juga sudah disertai dengan sendok takar atapun gelas ukur. Biasanya gelas/sendok tersebut juga sudah dilengkapi dengan tulisan ukuran bisa berupa berapa sendok teh/makan ataupun ml.

Nah Sahabat, sebenarnya 1 sendok makan dalam dunia farmasi adalah ukuran 15 ml. Sedangkan 1 sendok teh sirup adalah 5 ml. Jadi bisa dibilang kalau ukuran 1 sendok teh itu sama dengan 1/3 sendok makan.

Banyak orang yang masih belum paham bahwa sendok makan dan sendok teh di rumah tidak sama dengan dengan sendok ukur yang digunakan untuk sirup. Padahal biasanya 1 sendok teh di rumah itu bisa muat volume sebanyak 2,5 ml. Sendok makan di rumah juga memuat volume antara 8-10 ml. Jadi sebaiknya saat mengkonsumsi obat sirup, gunakan sendok takar yang telah disediakan saja.

Sudah paham kan bagaimana konsep volume dan berat dalam sendok makan? Jawaban dari 1 sendok makan berapa gram ternyata tergantung bahan apa yang dimasukkan di dalamnya. Ingat, semua bahan memiliki massa jenis yang berbeda, jadi Sahabat akan menemukan berat benda yang berbeda juga ya.

Baca Juga :

Demikianlah artikel mengenai Cara Konversi 1 Sendok Makan Berapa Gram dengan Mudah – Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca pintardesain.com untuk terus belajar dan menambah pengetahuan. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya dan terima kasih atas kunjungannya.

3/5 - (5 votes)