1mm berapa cm?
1mm berapa cm?

Mengenal Satuan Pengukuran Panjang

Posted on

Mengenal Satuan Pengukuran PanjangHai sahabat pintardesain.com, kali ini kita akan membahas tentang Satuan Pengukur Panjang, Berapa panjang tali sepatu Sahabat? Berapa panjang kain yang harus dipotong untuk membuat 1 baju Sahabat? Untuk mengukur panjang suatu benda, kita mengenal satuan panjang. Satuan ini bertingkat mulai dari milimeter sampai kilometer. Lalu bagaimana misalnya ingin mencari 1 mm berapa cm? Bagaimana cara menghitungnya?

Mengenal Ukuran Panjang

Panjang adalah istilah yang digunakan untuk mengukur dimensi benda dari 1 ujung ke ujung yang lainnya. Panjang bisa juga disebut dengan istilah jarak. Misalnya jarak antar 1 kursi dengan kursi lain. Dalam ilmu matematika istilah panjang biasa digunakan untuk mengukur 2 ujung benda. Misalnya bangun datar atau bangun ruang.

Sedangkan dalam ilmu fisika, panjang biasa disamakan pengertiannya dengan jarak. Biasanya digunakan untuk mengukur rentang dari 1 titik ke titik lain. Bisa berupa jarak bangunan, jarak 2 benda, dan lain sebagainya. Dalam ilmu pemetaan atau geografi, panjang biasa diartikan sebagai jarak antara 1 titik di bumi dengan titik lainnya yang digambarkan dalam peta.

Panjang adalah bentuk ukuran 1 dimensi. Artinya ukuran ini tidak diperoleh dar hasil perkalian. Sedangkan luas adalah ukuran 2 dimensi hasil perkalian dari panjang dan lebar. Volume adalah ukuran 3 dimensi hasil perkalian dari panjang, lebar, dan tinggi yang membentuk ruang.

Mengubah 1 mm berapa cm?

Bagaimana cara mengubah satuan panjang yang berbeda? Misalnya Sahabat punya tali sepanjang 1 meter dan ingin dibagi menjadi 5 bagian. Maka Sahabat harus membaginya dengan ukuran yang sama yaitu sebesar 0,2 m. Tapi ukuran 0,2 meter itu terlalu abstrak bukan? Karena itulah ada tangga satuan panjang.

Dimensi panjang punya satuan internasional yaitu meter. Satuan ini punya ukuran yang sama di seluruh dunia karena telah ada perjanjian/konvensi ilmuwan. Satuan panjang mulai dari yang terbesar sampai terkecil adalah:

km (kilometer) – hm (hektometer) – dam (dekameter) – m (meter) – dm (desimeter) – cm (centimeter) – mm (milimeter).

Tiap Sahabat ingin mengubah ukuran ke arah kanan, maka angkanya harus dikalikan 10. Sedangkan jika Sahabat ingin mengubah ukuran ke arah kiri, maka harus dibagi 10. Lalu bagaimana cara mencari 1 mm berapa cm? Simak saja cara konversi berikut ini ya:

1 mm = … cm

= 1 : 10 (satuan bergerak ke kiri 1 langkah).

= 0,1 cm.

Contoh proses konversi satuan panjang lainnya seperti:

  • 10 cm = … mm

=  10 x 10 (satuan bergerak 1 langkah ke kanan)

= 100 mm.

  • 50 cm = … m

=  50 : 100

= 0,5 m.

  • 14 km = … m

= 14 x 1000

= 14.000 m

Satuan Panjang yang Tidak Baku

Sahabat sudah paham kan tentang ukuran panjang? Satuan dimensi ini bisa dengan mudah Sahabat konversi jadi satuan yang lebih besar atau kecil hanya dengan kelipatan 10. Tapi tahukah Sahabat  bahwa ada satuan panjang lain selain sistem SI Seperti di atas? Namanya adalah satuan tidak baku dari panjang, seperti:

Inchi

Satuan ini banyak digunakan di luar negeri terutama Amerika Serikat dan Inggris. Tapi satuan ini kurang familiar di Indonesia. Meskipun begitu, satuan inchi masih bisa dengan mudah ditemukan di penggaris. Inchi juga biasa digunakan untuk menyebut ukuran TV. 1 inchi sebenarnya sama dengan 2,54 cm atau 25,4 mm.

Feet (Kaki)

Feet atau secara harfiah diartikan sebagai “kaki” dalam bahasa Indonesia adalah satuan yang umum digunakan di wilayah Britania dan Amerika Serikat. 1 kaki sama dengan 1/3 meter atau 30,48 cm. 1 kaki sama dengan 12 inchi. Hingga kini satuan feet masih banyak digunakan, meskipun bukan satuan baku.

Yard

Ukuran yard memang asing di Indonesia. Yard banyak digunakan di wilayah daerah kolonial Inggris. Kini ukuran yard masih bisa ditemukan di Amerika, Kanada, Inggris, Selandia Baru, Australia, Afrika Selatan, dan negara berbahasa Inggris lainnya. 1 yard sama dengan 0,9144 meter.

Mile (Mil)

Satuan lain yang kurang akrab di telinga masyarakat Indonesia adalah mil atau mile. 1 mile sama dengan 1,6093 km. Satuan ini masih banyak digunakan di Inggris dan Amerika Serikat. Bahkan masyarakat disana lebih akrab dengan sistem pengukuran jarak menggunakan satuan mil.

Mil Laut

Satuan mil lain yang sedikit berbeda adalah mil laut. Satuan ini khusus digunakan di wilayah perairan. 1 mil laut sama dengan 1,852 km, sedikit lebih panjang dibandingkan satuan mil biasa. Satuan mil laut ini sampai sekarang masih digunakan secara resmi dalam dunia pelayaran. Bahkan kapal-kapal tempur angkatan laut tentara di seluruh negara menggunakan satuan ini.

Sekarang Sahabat sudah bisa kan menghitung 1 mm berapa cm? Sahabat tinggal menggunakan tangga satuan panjang yang ada. Pastikan Sahabat hafal dengan satuan panjang ini. Karena dalam keseharian kita pasti akan sering sekali menggunakan dimensi panjang.

Baca Juga :

Demikianlah artikel mengenai Mengenal Satuan Pengukuran Panjang – Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca pintardesain.com untuk terus belajar. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya dan terima kasih atas kunjungannya.

Rate this post