arti mimpi
tafsir mimpi

Arti Mimpi Menurut Islam

Posted on

Arti Mimpi Menurut Islam – Hai sahabat pintardesain.com, kali ini kita akan membahas tentang arti mimpi, kebanyakan dari kita percaya bahwa mimpi merupakan isyarat yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Karena mimpi kadang menjadi suatu pertanda yang disampaikan kepada kita walaupun hal tersebut diyakini mustahil akan terjadi. Dalam pembahasan ini membahas tentang pengertian mimpi secara umum, mimpi menurut islam, tentang hukum tafsir mimpi, cara menyikapi mimpi dalam islam, serta mimpi dan penafsirannya. Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan secara terperinci dibawah ini.

Pengertian Mimpi Secara Umum

Mimpi merupakan perjalanan alam bawah sadar yang melibatkan beberapa bagian dari tubuh kita seperti pikiran, pendengaran, perasaan, pengelihatan, dan indra lainnya. Kebanyakan dari mimpi terjadi diluar kuasa kita dan kadang mustahil terjadi dalam dunia nyata.

Walaupun mimpi itu sendiri merupakan luapan dari emosi dan pikiran yang kita bawa dari kejadian sehari-hari disaat kita bangun dan terbawa di saat kita tertidur. Menurut beberapa ahli dan peneliti mimpi terjadi di akhir-akhir tidur sebelum kita bangun, biasanya setelah bermimpi kita pun terbangun dengan ingatan yang dibawa dari mimpi tersebut dan masih melekat diingatan saat kita terbangun.

Mimpi Menurut Islam

Dalam  Al-Quran mimpi diistilahkan dengan Al-ru’ya diartikan pengelihatan dalam keadaan tertidur. Dalam pandangan islam mimpi dikelompokan menjadi tiga bagian yaitu al-busyra yang  berarti  kabar  gembira, al-hilm yang berarti mimpi buruk, dan Mimpi yang datang dari diri Sendiri.

Pendidikan dari Nabi Muhammad “ada tiga jenis mimpi diantaranya mimpi yang baik berasal dari Allah merupakan kabar gembira, mimpi yang jelek seperti ketakutan berasal dari setan, dan mimpi dari pikirannya sendiri”.

Biasanya mimpi yang baik-baik akan dialami oleh orang-orang yang beriman ke pada Allah serta memiliki sifat jujur dalam dirinya. Sebaiknya jika mengalami mimpi baik sebaiknya kita berterima kasih kepada Allah dan boleh menceritakannya kepada orang lain.

Selanjutnya untuk mimpi yang datang dari dirinya sendiri atau mimpi dari bisikan hati, mimpi yang seperti ini bukan datangnya dari Allah ataupun dari setan melainkan dari kegelisahannya sendiri disaat terjaga dan selalu jadi pikiran kemudian terbawa ke dalam mimpi.

Dalam  Islam Mimpi  diyakini  selain  karena  aspek  pikiran  maupun  tekanan  mimpi juga  berhubungan  dengan  ilham  atau  wahyu  yang datang  sebagai  kabar  gembira  bagi  seorang hamba dalam menghadapi ujian  keimanannya, mimpi sebagai gambaran  dari  sebagian  kejadian  di  masa  depan  sebagai spirit dalam berjuang dalam menjalani kehidupan.

Tentang Hukum Tafsir Mimpi

Takwil atau Tafsir mimpi, menafsirkan mimpi dibolehkan dengan catatan mimpi tersebut di ceritakan pada orang yang mencintai  kita (karena orang yang mencintai kita diyakini mengerti dengan apa yang kita suka dan tahu apa yang terbaik untuk kita) dan  pada orang yang  mengerti takwil  mimpi atau ahli dalam mentafsirkan mimpi.

Nabi Muhammad SAW pernah menafsirkan mimpinya dan mimpi orang lain. Abu Bakar pernah menafsirkan mimpi dihadapan Rasulullah saw.

Diceritakan dalam Shahih Bukhori dari Ibnu Abbas “seorang laki-laki bercerita kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam tentang mimpinya dia melihat segumpal awan yang meneteskan madu dan minyak samin, banyak orang yang memintanya, kemudian tiba-tiba ada tali yang terhubung dari langit ke bumi, terlihat nabi Muhammad SAW yang memegangnya dan naik, dan ada orang lain memegangnya kemudian mengikuti nabi untuk naik, ada juga yang mengambil tali tersebut lalu naik namun tali terputus kemudian tali tersebut tersambung kembali”.

Atas izin Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam Abu Bakar mentakwilkan mimpi tersebut dan berkata “Segumpal awan yang diartikan ajaran Islam tentang kebenaran, sedangkan madu dan minyak samin yang menetes yang diartikan Al-quran, siapa saja boleh banyak atau sedikit dalam mengamalkannya, adapun tali yang terhubung dari langit ke bumi yang diartikan tentang kebenaran yang dipegang teguh sekarang ini, Allah meninggikan kedudukanmu  (Nabi Muhammad SAW), sepeninggalmu ada yang mengambilnya dan ia pun menjadi tinggi kedudukannya, ada juga orang lain yang mengambilnya dan terputus kemudian tali itu tersambung kembali sehingga ia ikut menjadi tinggi kedudukannya”.

Dari Hadits diatas dapat kita simpulkan bahwa boleh menafsirkan mimpi dan hal itu juga dibolehkan bagi selain Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

Cara Menyikapi Mimpi Dalam Islam

Ketika kita bermimpi yang baik-baik sebaiknya kita berterima kasih kepada Allah dan kita boleh menceritakannya kepada orang lain.

Dan ketika kita mengalami mimpi buruk, hal yang harus dilakukan adalah dia harus meludah ke sisi kirinya sebanyak tiga kali (meludah tapi tidak keluar air ludahnya) dilanjutkan membaca surah Al-Falaq dan surat An-Nas kemudian diakhiri dengan merubah posisi tidurnya. Hal tersebut akan menjadi lebih baik lagi bila kita melanjutkannya dengan bangun dan berdo’a memohon perlindungan dari Allah.

Tentunya jika mengalami mimpi buruk sebaiknya tidak memberitahukannya kepada orang lain.

MIMPI DAN PENAFSIRANNYA

Berikut adalah beberapa contoh mimpi dan penafsirannya yang dapat kita jadikan acuan dalam menjawab arti mimpi yang kita alami.

Mimpi Berjalan Di Bukit yang Tinggi

Jika mimpi berjalan kaki di suatu tempat yang penuh bukit yang sangat tinggi dan berjalan jauh kemudian melihat ada sosok yang seram mengejar dari belakang sehingga membuat takut dan berlari kencang sampai di suatu tempat dan melihat banyak orang bermaksiat kemudian terbangun dari mimpi.

Arti dari mimpi berjalan di bukit yang tinggi tersebut adalah perlu diketahui terlebih dahulu apakah sebelum tidur membaca Do’a sebelum tidur dan bacaan ayat al-quran atau tidak? Hal ini dapat menjamin mimpinya mengandung kebenarannya atau tidak perlu di ingat lagi.

Karena mimpi seperti ini tergolong mimpi halusinasi yang merupakan representasi dari kegalauan pikiran akan kenyataan. Seharusnya hadapi permasalahan yang dihadapi dan cari solusinya. Insyaallah mimpi seperti itu tidak akan terjadi lagi.

Mimpi Shalat Berjamaah Jadi Imam

Jika bermimpi berada di dalam satu masjid untuk melakukan sholat fardu dimana banyak peria yang berbaris pada safnya kemudian anda ditunjuk menjadi imamnya, dan anda pun menyanggupiya kemudian melakukan proses sholat berjamaah sampai selesai.

Arti Mimpi tersebut merupakan sebuah pertanda baik bahwa Anda akan memperoleh tanggung jawab yang besar bisa jadi dalam urusan pekerjaan ataupun organisasi.

Mimpi Sholat Sendirian

Jika mengalami mimpi Anda (Pria) melakukan sholat fardu namun dilakukannya sendirian baik itu di dalam rumah ataupun di masjid tapi sholatnya sendirian.

Arti mimpi sholat sendirian ini sedikit buruk, karena dalam islam pria diwajibkan sholat dimasjid dan secara berjamaah. Akan memperoleh sebuah teguran sebagai tanda peringatan kepada anda dalam waktu dekat ini, yang mana dari teguran ini nantinya akan mengubah anda menjadi sosok yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Mimpi Sholat dengan Mengalami Kesusahan

Jika anda bermimpi sedang melaksanakan sholat fardu namun banyak sekali kesusahannya seperti sulit berdiri, ada angin kencang, atau gempa bumi.

Arti mimpi sholat dengan mengalami kesulitan seperti itu biasanya dalam kehidupan akan mendapatkan suatu ujian yang disertai fitnah yang berkaitan dengan kualitas keimanannya. Bisa juga diartikan kurang khusyuk dalam mendirikan sholat.

Mimpi Sholat Jum’at

Jika mimpi sholat jum’at di masjid dengan berpakaian bersih menggenakan sarung, baju koko, dan berpeci serta menggunakan minyak wangi. Berjalan kaki kemasjid untuk menunaikan sholat jum’at.

Arti mimpi Sholat jum’at ini memberikan suatu pertanda akan mengalami suatu perjalanan yang sangat jauh dan dalam perjalanan tersebut tidak memiliki tujuan yang pasti. Tetapi akan mendapatkan kemuliaan dan juga rezeki melimpah dalam perjalanan hidupnya.

Mimpi Berada di Masjid

Jika mimpi anda merasa anda sedang memasuki masjid baik secara sengaja ataupun tidak untuk keperluan sholat ataupun cuma berada didalam masjid.

Arti mimpi berada di masjid berarti baik untuk yang mimpi, karena diyakini akan menjadi orang yang baik dan berguna di lingkungan masyarakat.

Mimpi Sedang Wudhu

Jika mimpi sedang melakukan wudhu baik di masjid ataupun di rumah

Arti mimpi sedang wudhu ini adalah anda melakukan pekerjaan mulia seperti menolong diri sendiri maupun orang lain. Mimpi ini juga dapat berarti anda akan menjadi orang yang dihapuskan dosanya dan ditinggikan derajat serta keimanannya.

Mimpi Menggendong Bayi

Jika anda bermimpi dimana anda merasa anda sedang menggendong bayi baik itu anak sendiri ataupun anak dari orang yang anda kenal.

Arti mimpi menggendong bayi ini dapat diartikan anda akan mendapatkan rezeki yang berlimpah, bisa juga ketika kamu dalam sebuah masalah maka anda berani menghadapi masalah tersebut, bisa juga ingin di perhatikan dan disayang oleh orang-orang disekitar anda.

Mimpi Melahirkan Bayi

Jika anda bermimpi kamu atau istri melahirkan bayi baik bayinya berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Arti mimpi melahirkan bayi merupakan mimpi baik yang pertanda akan mendapat kesempatan baru atau awal baru yang lebih baik, dapat juga diartikan akan mendapatkan rejeki yang tak terduga-duga datangnya.

Mimpi Melahirkan Anak Kembar

Jika anda bermimpi dikaruniahi anak kembar baik keduanya laki-laki, keduanya perempuan, atau pun satu laki-laki dan satu lagi perempuan.

Arti mimpi melahirkan anak kembar ini berarti anda akan mendapatkan rejeki yang berlimpah tidak hanya sekali tapi berkali-kali dalam waktu berdekatan dalam bulan atau tahun yang sama.

Mimpi Punya Anak Padahal Belum Menikah

Jika anda bermimpi anda memiliki anak ataupun anda tiba-tiba hamil dan punya anak tapi siapa ayahnya tidak tahu.

Arti mimpi punya anak padahal belum menikah ini dapat diartikan bahwa anda harus lebih hati-hati dalam segala hal baik dalam pekerjaan, dalam ber tutur kata, ataupun dalam bermasyarakat. Ini bisa jadi pertanda sebuah musibah akan menimpamu.

Mimpi Kehilangan Anak

Jika anda bermimpi anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, namun karena suatu kejadian anak anda hilang dan tidak ditemukan.

Arti mimpi kehilangan anak ini dapat di simpulkan bahwa bisa jadi ini refleksi rasa bersalah yang kamu pendam dalam hati karena sering marah kepada anak anda dan kemudian perasaan bersalah tersebut terbawa mimpi. Hal ini dapat kamu jadikan sebuah renungan dimana ketika kamu akan marah kepada anak anda, anda sudah diingatkan akan sedihnya kehilangan anak.

Mimpi Mendapatkan Uang

Jika anda bermimpi menemukan uang atau mendapatkan uang baik di tempat umum ataupun dari pemberian orang.

Arti mimpi mendapatkan uang ini bisa diartikan bahwa akan ada banyak sekali pertolongan dari orang yang anda kenal membantu anda dalam masalah keuangan.

Mimpi Kehilangan Uang

Jika anda bermimpi anda kehilangan uang baik uang tersebut disimpan di dompet, di dalam lemari, di dalam saku baju atau celana, ataupun hilang di rekening.

Arti dari mimpi kehilangan uang ini dapat di artikan bahwa anda kurang berambisi, kekuatan dan juga harga diri dan akan mengalami ketidak bahagiaan dalam hidup.

Mimpi Di Rampok atau Kemalingan

Jika anda bermimpi anda sedang dirampok atau anda kemalingan baik di dalam rumah sendiri ataupun di kantor tempat bekerja dan yang di rampok ataupun yang dimaling berupa uang, emas, ataupun barang berharga yang anda miliki.

Arti mimpi dirampok atau kemalingan dapat diartikan kesialan yang datang dari pikiran negatif anda ataupun situasi yang mencuri suatu kepercayaan diri anda, rintangan ini timbul dari emosional anda sendiri dalam situasi bermasyarakat.

Mimpi Diberi Uang Oleh Orang Yang Sudah Meninggal

Jika anda bermimpi serasa anda sedang berada disuatu tempat kemudian seseorang yang anda kenal memberikan anda uang dan ketika anda bangun dari mimpi anda ingat orang yang ada di mimpi tersebut sudah meninggal.

Arti mimpi diberi uang oleh orang yang sudah meninggal tersebut dapat diartikan bahwa anda akan kehilangan kesempatan dan kehilangan harapan di setiap usaha yang dilakukan sehingga terkesan usaha yang anda jalani semua sia-sia.

Mimpi Membunuh Ular

Jika anda bermimpi seperti anda sedang bertarung dengan ular dan anda menang ataupun anda sedang membunuh ular, apapun bentuk dan warna ular yang anda bunuh anda berhasil membunuh ular tersebut.

Arti mimpi membunuh ular dapat diartikan bahwa anda akan terbebas dari segala niat jahat dari orang yang tidak suka dengan anda. Kemudian nantinya orang tersebut akan menjadi sangat baik ke anda setelah melihat kebaikan yang anda lakukan.

Mimpi Digigit Ular

Jika anda bermimpi anda di kejar ular ataupun di suatu tempat digigit ular, baik ular besar atau kecil ular yang berbisa ataupun tidak.

Arti mimpi digigit ular berarti dalam hidup anda yang tidak dapat diprediksi dan di luar kendali, rasa takut yang berlebihan akan hal yang tidak diketahui. Digigit ular, berarti mengingatkan anda akan sesuatu ancaman yang belum anda sadari baik itu sudah ada dihadapan anda ataupun belum anda sadari.

Mimpi Menikah dengan Orang yang Tidak Disukai

Jika anda bermimpi menikah dengan orang yang tidak disukai namun anda terpaksa menikah karena keadaan yang memang mengharuskan anda menikahi orang yang anda tidak sukai.

Arti dari mimpi menikah dengan orang yang tidak disukai ini berarti sebuah hal yang terjadi  karena kamu sedang terlibat dalam sebuah urusan dengan orang tersebut. bisa juga diartikan adanya satu hal yang anda sukai dari orang tersebut.

Mimpi Menikah

Jika anda bermimpi menikah dengan seseorang, baik menikah dengan orang yang memang anda sukai ataupun yang anda belum kenal  namun anda mau menikah dan anda bahagia dengan pernikahan tersebut.

Arti mimpi menikah dapat diartikan sebuah perasaan yang sedang kamu jalani dengan orang yang kamu sukai tetapi karakter pasanganmu belum banyak anda ketahui, sehingga memerlukan perjuangan untuk anda mendalami sifat dari orang yang anda sukai tersebut.

Demikianlah artikel mengenai Arti Mimpi Menurut Islam – Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca pintardesain.com untuk terus belajar desain. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya dan terima kasih atas kunjungannya.

Rate this post