arti yaumul jaza
yaumul jaza

Arti Yaumul Jaza

Posted on

Arti Yaumul Jaza – Hai sahabat pintardesain.com, kali ini kita akan membahas tentang Yaumul Jaza, yang merupakan salah satu dari hari kiamat, Memahami Arti Yaumul Jaza, Beberapa Dalil Tentang Yaumul Jaza, dan Nama-Nama Lain Hari Kiamat. Untuk lebih jelasnya akan jelaskan secara rincinya dibawah ini.

Memahami Arti Yaumul Jaza

Pentingnya mengetahui Yaumul Jaza ( يوم الجزا ),  yaumul jaza yang diartikan “hari pembalasan”, yang mana di hari itu pembalasan untuk semua manusia menerima pembalasan atas segala yang mereka lakukan selama hidup di dunia.

Semua yang berkenaan dengan perbuatan yang dilakukan oleh manusia semasa hidup di dunia akan diperhitungkan amalannya dan kemudian akan diberikan balasan yang setimpal sesuai dengan perbuatannya.

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam alquran bahwa manusia menjalani hidup didunia sebagai kholifah yang menjalani  hidup sementara saja kemudian dihari kiamat yang merupakan hari dimana setiap amalan kebaikan dan keburukan di timbang dalam pengadilan Allah SWT.

Setiap manusia akan diberi balasan dari apa yang diusahakannya semasa hidup didunia dan tidak ada yang akan dirugikan di hari pembalasan, karena semuanya akan di perhitungkan sesuai dengan amalan perbuatan yang telah ditempuh dalam perjalanan sebagai kholifah.

Dari penjelasan tersebut diatas dapat kita pahami bahwa Yaumul Jaza merupakan dimana hari pembalasan akan segala perbuatan masnusia diadili, semua umat manusia dikumpulkan untuk mendapatkan balasan sesuai dengan amal perbuatannya selama hidup di dunia.

Sungguh jelas gambarannya bahwa perbuatan baik yang dikumpulkan selama di dunia akan dibebaskan dari siksaan dan ditempatkan di surga  sebagai balasanya.

Begitu juga gambarannya untuk perbuatan buruk yang dilakukan selama di dunia akan mendapatkan siksa  dan di ditempatkan di neraka sebagai balasannya.

Beberapa Dalil Tentang Yaumul Jaza

Adapun Dalil yang menyebutkan tentang Yaumul Jaza ( يوم الجزا )  sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah yang tertulis dalam Al-Qur’an surah Al-Mu’min pada ayat 17:

Yaumul Jaza

Yang artinya: Hari ini (di hari pembalasan), tiap-tiap manusia akan mendapatkan balasan untuk atas segala perbuatan yang dikerjakan, bila baik amalannya maka balasannya baik, bila buruk amalannya maka balasannya buruk. Tidak akan ada yang dirugikan di hari ini, sesungguhnya Allah maha adil dalam menghisab amal perbuatannya.

Dijelaskan juga tentang adanya hari pembalasan yang dijelaskan dalam firman Allah dalam Surat Al – Zalzalah pada ayat 7 – 8:

yaumul-jaza-2

Yang artinya: Barang siapa yang melakukan perbuatan baik seberat dzarrah, pasti akan mendapatkan balasannya.

yaumul-jaza-3

Yang artinya: Dan siapa saja yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, pasti ia akan menerima balasannya.

Secara luas dapat diartikan bahwa Yumul Jaza merupakan hari dimana semua umat manusia menerima semua balasan atas apa yang telah dilakukan semasa hidup di dunia.

Itu berarti semua balasan yang akan diperoleh manusia sungguh tergantung pada amal perbuatan yang telah dikumpulkan semasa hidupnya. Jika manusia melakukan perbuatan baik semasa di dunia, maka surga adalah hadiahnya dan jika selama hidupnya melakukan perbuatan jahat, maka siksaan dan neraka menjadi balasannya. Dan yang perlu kita diketahui  adalah yaumul jaza adalah salah satu dari hari kiamat.

Nama-Nama Lain Hari Kiamat

Berikut adalah beberapa nama-nama hari kiamat yang perlu kita ketahui diantaranya :

Yaumul Qiyamah atau Hari Kebangkitan /Kiamat Besar

Yaumul Qiyamah  merupakan kiamat besar yang berarti berakhirnya kehidupan dunia yang di tandai dengan hancurnya seluruh makhluk ciptakan Allah yang ditandai dengan suara terompet sang saka akala.

Yaumul Fashl atau Hari Pemisah

Yaumul Fashl  merupakan hari kiamat yang berarti hari dimana ada pemisah antara orang-orang yang beriman dengan orang-orang kafir, dan di kelompokkan menurut keyakinan agamanya masing-masing.

Yaumul hisab atau Hari Perhitungan

Yaumul hisab merupakan hari kiamat yang berarti hari perhitungan amal perbuatan dilakukan, semua amal manusia di diperhitungkan dengan cermat dan cepat serta di berikan balasan yang setimpal atas perbuatan yang dilakukan semasa hidup di dunia.

Yaumul Thalaq atau Hari Pertemuan

Yaumul thalaq merupakan hari kiamat yang berarti hari pertemuan manusia dengan sesamanya, di hari itu manusia dipersatukan kembali setelah lama terpisahkan.

Yaumul Jam`i atau Hari berkumpul

Yaumul Jam`i merupakan hari kiamat yang berarti hari dimana semua manusia berkumpul dari sejak zaman Nabi Adam sampai dengan manusia akhir zaman dan di tanyakan seluruh amalan perbuatannya selama masa hidup di dunia.

Yaumul Ba`ats atau Hari Kebangkitan

Yaumul Ba`ats merupakan hari kiamat yang berarti hari dimana seluruh manusia di bangkitan dari kuburnya.

Yaumul Mahsyar atau Hari Berkumpul

Yaumul Mahsyar merupakan hari kiamat yang berarti manusia di kumpulkan di padang mahsyar, yang merupakan tempat seperti daratan yang sangat luas tempat dikumpulkannya semua manusia di akhirat setelah dibangkitkan dari kuburnya.

Yaumul Hisab atau Hari Perhitungan

Yaumul Hisab merupakan hari kiamat yang mana pada hari itu semua amal perbuatan diperhitungkan dihadapan Allah SWT, segala perbuatan manusia akan di pertanyakan dan diperlihatkan semuanya oleh Allah SWT.

Yaumul Mizan atau Hari Pertimbangan Amal

Yaumul Mizan merupakan hari kiamat yang mana pada hari itu amal perbuatan yang telah di lakukan manusia selama hidup di dunia akan ditimbang dan tidak ada suatu amalpun yang terlewatkan, kemudian dari semua perbuatan di berikan balasan sesuai dengan timbangannya.

Yaumul Jaza atau Hari Pembalasan

Yaumul Jaza merupakan hari kiamat yang mana pada hari itu pembalasan seluruh amal perbuatan manusia sangat tergantung pada jenis amalan yang telah di lakukan selama hidup di dunia, jika amalnya baik maka balasannnya adalah surge dan jika amalnya buruk maka balasannya adalah siksa neraka.

As-Sa`ah atau Hari Kehancuran

As-Sa`ah merupakan hari kiamat yang mana pada hari itu merupakan hari yang sangat luar biasa akan suatu kehancuran alam semesta, hari kiamat telah di rancang dan ditentukan secara akurat dan terjadinya telah ditentukan sesuai kehendak Allah SWT.

Yaumul Diin atau Hari pembalasan Agama

Yaumul Diin  merupakan hari kiamat yang mana pada hari itu adalah hari pembalasan akan pengamalan agama yang diyakini, segala pengamalan yang di pertangungg jawabkan seperti amal shalat, puasa, haji, zakat, shadaqah dan sebagainya.

Demikianlah artikel mengenai Arti Yaumul Jaza – Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca pintardesain.com untuk terus belajar desain. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya dan terima kasih atas kunjungannya.

Rate this post