Yaumul-milad
Yaumul-milad

Arti Yaumul Milad

Posted on

Arti Yaumul Milad – Hai sahabat pintardesain.com, kali ini kita akan membahas tentang Arti Yaumul Milad, Penjelasan, Penggunaan Kata sebagai Ucapan, Cara Menjawab Ucapan, dan Do’a Ulang Tahun Terbaik. Untuk lebih jelasnya akan jelaskan secara rincinya dibawah ini.

Arti Yaumul Milad ( يَوْمُ الْميلاد )

Mengenal kata yaumul milad ( يَوْمُ الْميلاد ) yang berarti “Selamat hari jadi/kelahiran” atau “Selamat Ulang Tahun”. Biasanya kata yaumul milad banyak digunakan pada saat momen hari ulang tahun sebagai ucapan selamat. Karena hari dimana seseorang telah dilahirkan ke dunia dan tanggal dan bulan yang sama akan dijadikan sebagai hari kelahiran atau disebut hari ulang tahun. Istilah yaumul milad ini berasal dari Arab namun istilah Yaumul Milad juga banyak dipakai di Indonesia dan menjadi popular di berbagai kalangan masyarakat khususnya kalangan muda mudi.

Ketika kita mendengar atau membaca tulisan Yaumul milad  ( يَوْمُ الْميلاد ) itu berarti kata tersebut adalah ucapan “selamat hari jadi/kelahiran”. Kita seringkali melihat postingan di social media seseorang teman kita yang berulang tahun, banyak yang memberikan ucapan yaumul milad. Dan terkadang juga kita kebingungan kata apa yang akan diucapkan untuk menyampaikan ucapan selamat ulang tahun tersebut.

Pada dasarnya penggunaan kata Yaumul Milad ( يَوْمُ الْميلاد ) merupakan ucapan yang umum sering digunakan pada moment tertentu saja dan sering berulang setiap tahunnya.

Kata Yaumil Milad memiliki fungsi sama dengan kata ucapan dalam bahasa Inggris seperti happy birthday. Sedangkan untuk Yaumul Milad biasanya akan ditambahkan kalimat tambahan dibelakangnya seperti Barakallah Fii Umrik yang berarti semoga  Allah SWT selalu memberi berkah atas umurmu.

Penjelasan Yaumul Milad

 Untuk lebih jelasnya mari kita lihat dalam bebarapa kata, kata Yaum ( يوم ) yang mana kata tersebut yang berarti “hari”, kata “Yaum” ialah ketetapan waktu yang mana biasanya dalam penggunaanya menggunakan tanda seperti mulai dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari.

Dalam ilmu shafy kata ‘yaum” digolongkan dalam salah satu kategori “Ajwaf”, yang merupakan kata yang mana penyusunannya terdiri dari tiga huruf, yang mana pada huruf tengahnya merupakan bagian dari huruf-huruf mad tabi’ie.

Sedangkan kata Milad ( ملاد ) yang memiliki arti “kelahiran”, kata milad ini merupakan isim masdar atau merupakan sebuah kata dasar yang masih diketegorikan ke dalam mistal.

Kata Milad merupakan kata yang menjadi sandaran dari kata “Yaum” sehingga menjadi kata keterangan untuk menjelaskan kata sandarannya, ketika hanya mengucapkan kata yaum saja maka tidak dapat dipahami maksud dari kata tersebut. Setelah menggunakan tambahan kata “Milad”, maka akan memberi makna dan penjelasan bahwa yang di maksud adalah “hari kelahiran”.

Setelah memahami dari penjelasan diatas maka kata yang tepat adalah Yaumul Milad yang berarti “selamat hari jadi/kelahiran” walau pun terkadang sering kali di artikan “selamat ulang tahun” tetapi memiliki makna yang sama.

Penggunaan Yaumul Milad sebagai Ucapan

Dalam moment ulang tahun atau hari kelahiran sering kali kita mengucapkan hanya pengalan kata Barakallah fii umrik saja dan di tambahkan keterangan semoga panjang umur murah rezekinya dan lainnya. Padahal ucapan tersebut kurang tepat karena hanya penggalan katanya saja yang diucapkan.

Nah, setelah membaca artikel ini mudah-mudahan sahabat pembaca semua dapat mengucapkan kata ucapan yang benar seperti Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik yang berarti “Selamat hari jadi/lahir, semoga Allah selalu memberi berkah atas umurmu”.

Ketika kita mendapatkan ucapan Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik pastinya kita akan menjawabnya dengan ucapan balasan, Lalu apa kata yang tepat untuk menjawabnya?

Menjawab Ucapan Yaumul Milad

Nah, ketika kita mendapatkan banyak ucapan hari ulang tahun dan banyak yang mengucapkan dengan kata Yaumul milad, barakallah fii umrik yang berarti “Selamat hari lahir dan semoga  Allah SWT selalu memberi berkah atas umurmu”. Lalu apa jawaban yang tepat untuk membalas ucapan tersebut?, kebanyakan dari kita pasti menjawabnya dengan kata amin, terima kasih atas ucapannya.

Seharusnya kita jawab ucapan tersebut dengan kalimat yang lebih baik dari ucapan tersebut, jadi bagaimana cara menjawab kata yang tepat untuk membalas ucapan tersebut? Dalam hal ini ada dua jawaban yang dapat kita berikan untuk membalas ucapan Yaumul Milad tersebut, yaitu :

Jika yang memberikan ucapan datangnya dari laki-laki maka cara menjawabnya dengan kata “Wa Fiika Barakallah”.  Dan jika yang memberikan ucapan datangnya dari perempuan maka cara menjawabnya dengan kata “Wa fiiki barakallah” kedua jawaban tersebut memiliki arti yang sama yaitu “semoga Allah memberkati Anda juga”.

Contoh Penyampaian Kata Yaumul Milad

Mengucapkan dan memberikan ucapan selamat ulang tahun atau selamat hari jadi/lahir dapat kita ucapkan dengan penyamaiannya menggunakan bahasa arab. Dan sebaiknya, kalau kita menggunakan kata-kata yang sudah umum dan mudah dimengerti oleh orang yang menerima ucapan tersebut tidak usah berfikir panjang untuk mengartikannya.

Berikut ini merupakan contoh ucapan selamat ulang tahun yang sering digunakan dikalangan masyarakat muslim dengan ucapan yang singkat namun dapat menginspirasi untuk kita semua. Adapun ucapan dan cara penyampaian selamat ulang tahun tersebut adalah sebagai berikut :

Dari Istri untuk Suami atau Sebaliknya

“Sayang ku, sampai saat inipun kita masih bersama, sudah banyak hari bahagia seperti ini yang sudah kita lewati bersama, semoga kesetiaan kita untuk bersama akan terus berlanjut sampai akhir hayat. Yaumul milad barakallah fii umrik suamiku/istriku tercinta, ditunggu teraktirannya ya”.

Dari Orang Tua untuk Anaknya

“Kesayangan bunda/ayah, tak terasa sudah bertambah lagi usia mu dan kamu semakin dewasa, Semoga Allah selalu melimpahkan kasih sayang dan rahmatnya  kepada mu, jangan pernah tinggalkan shalat lima waktu dan tetap semangat untuk terus belajar dalam menggapai cita-cita. Yaumul milad barakallah fii umrik anak ku”.

Dari Anak untuk Orang Tuanya

“Ayah/ibu, di hari bahagia ini ananda sangat bahagia, atas perjuangan ayah/bunda dalam mendidik dan membesarkan ananda, tak bosan-bosan selalu mengingatkan ananda untuk terus belajar dan mengingatkan jangan lupakan sholatnya. Terima kasih ayah/bunda, semoga ayah/bunda diberikan umur panjang dan diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Yaumul milad barakallah fii umrik Ayah/bunda”.

Ucapan untuk Sahabat

“Hai sobat ku, diwaktu kitabersama banyak yang dapat kita buat dan kita ciptakan baik suka maupun duka semua sudah kita lalui bersama. Dihari jadi mu ini, semoga tetap menambah eratnya ikatan pertemanan kita. Yaumul milad barakallah fii umrik sob”.

Ucapan untuk Orang Disekitar Kita

“Hari ini kayaknya ada yang berulang tahun nih, Yaumul milad barakallah fii umrik ya (namanya?) semoga panjang umur dan sehat selalu dan semoga selalu dalam lindungan dan kasih sayang Allah, amin”.

Ucapan untuk Guru Kita

“Yaumul milad barakallah fii umrik ibu/bapak guru ku, semoga panjang umur dan diberikan kesehatan, amin. Semoga terus bisa memberikan bimbingan dan ilmunya untuk kami murid mu”.

Ucapan untuk Pasangannya

“Pagi/Malam Cinta, Jangan lupa untuk tersenyum. Yaumul milad barakallah fii umrik Cinta, Semoga dihari jadi mu ini kamu makin bertambah dewasa, semoga ikatan cinta kita akan terus bersemi sampai saatnya tiba dimana kebersamaan kita terwujud dalam janji untuk sehidup semati dalam ikatan keluarga yang sakinah, mawadah, dan warohmah, amin”.

Itulah beberapa contoh penyampaian kata Yaumul Milad,  mudah-mudahan bisa mendatangkan kebahagiaan dan kemuliaan untuk kita semua. Semoga apa yang menjadi hajat di hari ulang tahun tersebut dapat dikabulkan oleh Allah SWT, amin.

Do’a Ulang Tahun Terbaik

Pada setiap moment ulang tahun atau hari kelahiran, sudah sepantasnya moment bahagia ini kita memanjatkan do’a yang terbaik dengan menggunakan do’a-do’a secara Islami. Dengan cara demikian segala harapan ke depannya dalam kehidupan akan menjadi lebih baik lagi dan penuh dengan keberkahan. Berikut adalah beberapa doa terbaik dalam islam diantaranya :

Do’a Mohon Panjang Umur

Sudah pasti yang kita harapkan dalam merayakan hari ulang tahun kita dengan permohonan yang utama yaitu meminta dipanjangkan umur oleh Allah SWT. Bagaimana bunyi do’anya? Berikut adalah doa minta dipanjangkan umur di hari ulang tahun lengkap dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya.

Do’a-Mohon-Panjang-Umur

Alloohumma Thowwil ‘Ummuronaa, Wa Shohhih Ajsaadanaa, Wa Nawwir Qulubanaa, Wa Sabbit Iimaananaa Wa ahsin ‘A Maalanaa, WA Wawasi’ Arzaqona, Wa ilal Khoiri Qorribna Wa ‘anisy-syarri Ab’idnaa, Waqdhi hawaa-I Jana Fiddinii Waddunya Wal Akhiroti Innaka ‘Alaa Kulli Syai-ing Qodiir

Yang Artinya adalah “Ya Allah, panjangkan umur kami, sehatkanlah raga kami, terangi kami, teguhkan iman kami, sempurnakan amalan-amalan kami, perluaskan rezeki untuk kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan serta jauhkan kami atas keburukan, penuhilah semua kebutuhan kami atas urusan agama, dunia-akhirat. Karena Engkau (Allah) Maha Kuasa”.

Do’a untuk Keselamatan dan Kesejahteraan

Sudah pasti yang kita harapkan dalam merayakan hari ulang tahun kita dengan permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan baik di dunia maupun akhirat. Bagaimana bunyi do’anya? Berikut adalah do’a minta keselamatan dan kesejahteraan di hari ulang tahun lengkap dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya.

Do’a-untuk-Keselamatan-dan-Kesejahteraan

Allohuma inna nasaluka salamatan fid daini wa ‘afiyata fil jasadi wa ziyadatan fil ‘ilmi wa baroktan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan indalmauti wa maghfirotan ba’dal mauti.

Yang artinya adalah “Ya Allah kami memohon kepada-Mu atas keselamatan dalam agama, kesejahteraan/kesegaran, penambahan ilmu, keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati, dan berikan ampunan sesudah kami mati”.

Do’a Untuk Ulang Tahun Anak

Ketika Anak kita ulang tahun, sudah pasti semua do’a yang terbaik akan kita panjatkan kepada Allah SWT karena dengan do’a terbaik tersebut mudah-mudahan apa yang di inginkan dapat terwujutkan. Bagaimana bunyi do’anya? Berikut adalah do’a terbaik untuk anak di hari ulang tahun lengkap dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya.

Do’a-Untuk-Ulang-Tahun-Anak

Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’aa-i.

Yang artinya adalah “Ya Robbi, berikanlah kami seorang anak yang baik, sesungguhnya Engkau Maha mendengar segala do’a”.

Demikianlah artikel mengenai Arti Yaumul Milad – Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca pintardesain.com untuk terus belajar desain. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya dan terima kasih atas kunjungannya.

5/5 - (3 votes)